Jenis Furniture dan Fungsinya

Beberapa macam furniture, dari gaya/stylenya bisa dibagi menjadi beberapa macam, antara lain: furniture satu fungsi, furniture multi fungsi, furniture lipat, furniture rakit dan furniture ukir:

Furniture Satu Fungsi dan Multi fungsi

Furniture umumnya hanya memiliki satu fungsi. Beriringan dengan meningkatnya populasi di perkotaan dan keterbatasan lahan, desain furniture berkembang dan beradaptasi dengan keadaan tersebut. Ukuran furniture cenderung semakin compact dibanding dengan furniture klasik dengan mengadaptasi fungsi lain dalam furniture tersebut. Sebagai contoh, Furniture tempat tidur, bagian bawahnya bisa difungsikan sebagai laci, memanfaatkan ruang yang ada. Lemari buku bisa ditambahkan fungsi sebagai meja kerja atau meja belajar. Kursi multifungsi yang juga berfungsi sebagai tangga. Dan meja tamu dan kursi tamu multifungsi yang juga bisa menyediakan laci tempat penyimpanan.

Furniture Lipat

Desain furniture lipat memiliki tempat tersendiri bagi para penyuka furniture. Desain furniture lipat umumnya digunakan untuk desain furniture outdoor, sebagai furniture di pantai atau di taman. Nyaman untuk digunakan pada acara outdoor. Banyak jenis furniture jati yang memiliki style furniture lipat. Umumnya adalah furniture outdoor yg digunakan baik untuk halaman, atau seringkali untuk taman.

Furniture Rakit

Furniture rakit diawali dengan perhatian terhadap customer yang ingin segera menggunakan Furniturenya setelah pembelian. Dan juga menginginkan fleksibilitas ketika akan mengangkut furniturenya, semisal harus pindah tempat tinggal. Furniture rakit adalah hal yang umum di eropa dan amerika, namun tidak semua negara atau wilayah, masyarakatnya sesuai dengan furniture semacam itu. Di Indonesia, umum sekali masyarakatnya lebih suka dengan furniture yang terakit sebelumnya.

Furniture Ukir

Furniture ukir merupakan kerajinan khas kota Jepara. Seni yang dipahatkan di dalamnya terutama dari jawa, sekarang bisa dari berbagai daerah. Misalkan ukiran Majapahit, Kudu, makasar, padang, minang, melayu dan bahkan mancanegara, seperti perancis, itali, dan sebagainya. 

Ukiran di berbagai daerah

Ukiran pada furniture di berbagai daerah, umumnya untuk berusaha menunjukkan hal-hal yang dianggap indah, dihargai, diyakini, bagian dari ekonomi, sosial, budaya atau simbol kebanggaan dalam masyarakatnya. Daerah-daerah di Indonesia memiliki jenis model atau obyek ukiran yang unik dan berbeda dibandingkan daerah lain. Di Indonesa, beberapa motif ukiran sering dijumpai, misalnya ukiran mawar, ukiran bunga matahari, ukiran nanas, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *