Manfaat Mebel Kayu Jati Leave a comment

GRADING KAYU JATI

1. GRADE A

Keistimewaan kayu jati grade A ini adalah kayunya yang sangat matang terutama pada bagian kayu terasnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan warna kayu terasnya yang cokelat keemasan, warna teras kayu jati yang paling gelap pun bisa. Berkat minyak alami yang dihasilkan oleh kayu itu sendiri, terasa sedikit berminyak saat disentuh dan permukaannya akan tampak mengkilap. Menariknya, minyak alami merupakan pelindung kayu dari serangan serangga dan cuaca ekstrim. Selain itu, dengan butiran yang rapat untuk melengkapi, kayu jati kelas A tahan lama bahkan jika furnitur diletakkan di luar ruangan.

2. GRADE B

Seperti yang sudah Anda duga, kayu jati dengan grade ini lebih murah dari grade sebelumnya. Walaupun dari jauh masih terlihat bagus, tapi jika dilihat lebih dekat, akan terlihat butirannya kurang rata, warna kayu terasnya lebih terang, dan kadar minyaknya lebih sedikit dari grade A. Makanya tampilannya tidak mengkilat seperti kayu jati grade A. Namun furniture yang menggunakan kayu jati dengan grade ini masih dapat bertahan pada kondisi outdoor yang ekstrim, namun perlu perawatan khusus.

3. GRADE C

Dibandingkan dengan kayu jati grade A dan B, kayu jati grade C jauh lebih rendah dari yang lain. Harga furnitur jati C-grade secara signifikan lebih rendah, tetapi itu tidak berarti Anda dapat mengambilnya begitu saja karena harganya. Nah, semakin murahnya harga berarti semakin rendah kualitas kayu jati tersebut. Untuk tujuan ekspor, grade ini tidak direkomendasikan. Jati C-grade memiliki jauh lebih sedikit minyak alami yang diproduksi pada kayunya; oleh karena itu, risiko cuaca ekstrem dan serangan serangga jauh lebih tinggi di kelas ini. Selain itu, kayu memiliki kerapatan yang lebih kecil dibandingkan dengan grade A dan B, yang dapat mengakibatkan furnitur mudah rusak – jika dijadikan furnitur.

KEUNGGULAN KAYU JATI UNTUK FURNITURE

1. Kokoh dan Tahan Lama

Furniture yang terbuat dari kayu jati memiliki karakteristik ini yang membuatnya populer di kalangan pencari furnitur. Bahkan tanpa perawatan khusus dengan minyak/pernis, mebel kayu jati akan mampu bertahan bertahun-tahun yang akan datang. Anda bahkan dapat memilikinya sebagai furnitur luar ruangan tanpa khawatir!

2. Tahan Cuaca

Tidak hanya kokoh dan tahan lama, furnitur dari kayu jati dikenal tahan terhadap kondisi cuaca ekstrim. Tepatnya, kayu jati memiliki ciri tahan air dan tahan panas ini; sehingga membuat kayu jenis ini bertahan meskipun terkena cuaca panas atau dingin yang ekstrim.

3. Bebas Hama

Berkat minyak alaminya, Anda tidak perlu khawatir furnitur Anda terganggu oleh hama. Dengan penambahan silika, jati bukanlah sekutu untuk jamur, lumut, noda, dan kemungkinan agen pembusukan. Oleh karena itu, kekhawatiran tersebut dapat Anda hilangkan saat Anda memutuskan untuk meletakkan furnitur jati di ruang outdoor.

4. Warna yang Indah

Yang ini tidak dapat disangkal adalah aspek lain yang dicari orang dari furnitur. Orang-orang menyukai kayu jati karena warnanya yang cokelat alami. Ada pula yang berburu mebel jati karena butiran dan teksturnya. Apapun alasannya, kayu jati adalah pilihan yang elegan untuk dipilih sebagai bahan furnitur Anda.

BAGAIMANA CARA MERAWAT FURNITURE KAYU JATI

1. Bersihkan Debu Secara Rutin

Buang daun dan kotoran yang menumpuk di permukaan furnitur jati dengan kuas. Penting untuk membersihkannya secara teratur atau jika tidak akan merusak permukaan dengan adanya kelembaban. Gunakan air bersih dan kain basah untuk menghilangkan lumut dan debu beku. Untuk membersihkannya dengan baik, pembersih jati atau larutan cuka dan air hangat buatan sendiri dapat digunakan. Jangan gunakan cairan yang tidak dikenal atau berbahan dasar asam untuk membersihkan jati Anda. Sehingga Anda dapat merusak furnitur Anda.

2. Lindungi Perabotan Dari Sinar Matahari Langsung

Jangan biarkan furnitur luar ruangan Anda terkena sinar matahari langsung. Meskipun jati adalah kayu yang stabil. Tapi itu berubah bentuknya sangat ringan karena sinar matahari terus menerus dan juga kehilangan warna madu keemasannya. Anda dapat mengubah lokasinya atau Anda dapat menutupinya, untuk melindunginya dari sinar matahari langsung.

3. Lindungi dari tanah

Banyak jenis serangga dan jamur ditemukan di tanah. Yang juga merusak bahan padat seperti besi dan baja. Itu dapat dengan mudah membusuk kayu apa pun. Meskipun jati memiliki ketahanan pembusukan yang lebih tinggi daripada banyak kayu keras. Namun demikian, dimungkinkan untuk membusuk karena terpapar tanah untuk waktu yang lama. Untuk menghindari masalah ini, Anda dapat menggunakan bantalan furnitur untuk furnitur Anda. Terutama bantalan furnitur digunakan untuk lantai kayu keras untuk melindungi lantai kayu dari goresan dan penyok.

4. Lindungi Strain Jati

Gunakan pelindung jati untuk mempertahankan warna cokelat keemasan furnitur jati untuk jangka waktu yang lebih lama. “Pelindung jati” membentuk lapisan antara permukaan kayu dan udara. Sehingga debu, sinar matahari, dan serangga tidak bersentuhan langsung dengan kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp WhatsApp Kami