Tips Cara Memilih Meja Makan 2020 Leave a comment

Tips Cara Memilih Meja Makan diantara Berbagai Toko Online IKEA, Informa, FURNIOO, Fabelio 2020

Apa saja yang perlu kita pikirkan sebelum membeli Meja Makan? Apakah hanya masalah Harga, atau berbagai dimensi Kualitas? Jangan terburu-buru beli…luangkan 5 menit Anda untuk membaca artikel ini, Kami akan mengulas mulai yang Murah sampai yang Mahal, yang Minimalis dan yang Mewah, lebih baik daripada terlanjur membeli dan menyesal khan? 🙂 Karena sebenarnya banyak yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli Meja Makan. Misalkan, seharusnya Anda bisa mendapatkan Meja Makan yang tidak terlalu mahal, tetapi tidak mendapatkan spesifikasi yang sesuai, atau yang Anda butuhkan.

kerja sekeluarga di meja makan
Ayah dan Anak Bekerja bersama di Meja Makan

Berbagai produsen menawarkan berbagai Jenis Meja Makan dengan berbagai featurenya. Meja Makan Informa tersedia dengan berbagai jenis meja makan dengan beberapa model dan bahan-bahan dari Multipleks atau Pinus. Meja Makan Ikea dengan desain Skandinavia nya dan berbagai jenis model, ukuran, warna dan ketinggian yang berbeda-beda, dengan bahan umunya dari Kayu Pinus dan juga kayu Birch. Meja Makan Fabelio merupakan dengan berbagai jenis desain, dari berbagai jenis produsen, dengan bahan dari kayu Pinus. Atau Meja Makan FURNIOO yang mengkhususkan diri dengan bahan Jati Kualitas Tinggi dengan harga yang ramah di kantong dengan produk stock maupun pesanan. Atau furniture biasa atau jati muda yang banyak tersedia di berbagai market place dengan kualitas yang beragam?

Ukuran standar per orangan untuk mengukur panjang meja makan.

Secara umum, untuk 1 orang, ukuran nyaman untuk makan di meja makan, adalah 80 cm, namun 60 cm adalah hal yang tidak jarang juga karena di negara tercinta kita Indonesia, kita terbiasa makan dengan ruang atau space yang lebih sempit karena keterbatasan tempat.

  1. Pilihlah Meja Makan berdasarkan Ukuran

Ukuran Ruang Makan. Sebelum memilih meja makan, ada baiknya Anda mengukur ruang makan rumah Anda. Setidaknya Anda memerlukan jarak sekitar 80-100 cm dari dinding atau meja atau perabhotan lain agar Anda cukup leluasa untuk menggerakkan kursi dari Meja Makan. Jika Anda ingin lebih leluasa lagi, maka 120cm adalah jarak yang lebih baik lagi. Jika lebih dari itu maka jauh lebih baik lagi.

Sebelum memilih meja makan, pastikan Anda memilih terlebih dahulu ukuran meja makan yang Anda gunakan.


Ukuran berbagai model Meja Makan:
1. Meja Makan  2 orang/kursi: 50×50 atau Meja Makan bulat ukuran diameter 50cm.
2. Meja Makan 4 orang/kursi: Ukuran: 60×60, 90×120, 90×90, 80×80 cm​​​
3. Meja Makan 6 orang/kursi: Ukuran: 90×150, 90×160 cm.
4. Meja Makan 8 orang/kursi: 90×180, 90×200. Untuk ukuran 180 jarang sekali untuk ditemui, tetapi Anda bisa memesannya secara Custom.
5. Meja Makan 10 orang/kursi: 90×240 Ukuran diatas 200cm juga merupakan ukuran yang tidak biasa. Karena secara standar, Gelondongan kayu dipotong dengan panjang 2m. Jadi Anda bisa memesannya secara Custom, menghubungi langsung produsennya karena Meja Makan ukuran tersebut umumnya adalah pesanan karena terlalu besar untuk dijadikan Stock baik di Gudang maupun di Showroom atau Toko.

Tinggi Meja Makan
Tinggi ukuran standar Meja Makan adalah 70, 75, 80, bahkan 85 cm. Namun yang banyak digunakan adalah tinggi 75cm untuk standar ukuran normal orang Indonesia. Tinggi tersebut cukup baik untuk kebanyakan masyarakat Indonesia, dan cukup ergonomis ntuk menaruh lengan agar tidak mudah capek. Keitinggian ini diperlukan untuk kenyamanan dan fungsi lainnya semisal bekerja dalam waktu yang lama menggunakan Laptop.

Namun jika tinggi anggota keluarga anda lebih tinggi dari umumnya keluarga Indonesia, maka Anda bisa memilih Meja Makan dengan tinggi 80 atau 85 cm yang tidak jarang kita jumpai karena memang preferensi sebagian masyarakat yang menyukai meja makan tinggi, yang kenyamanannya tentu saja berkurang apabila kita menggunakan meja makan tersebut untuk berbincang santai dengan keluarga, atau tamu, karena akibatnya sebagian tubuh kita agak tertutupi.

2. Memilih Meja Makan Berdasarkan Lebar Ruangan.

Luas Ruangan berpengaruh terhadap jenis Meja Makan yang sesuai. Bila ruang yang tersisa kurang, maka anggota keluarga atau rumah akan mallas untuk mengunakan Meja Makan tersebut. Padahal Meja Makan merupakan sarana untuk komunikasi para anggota keluarga agar rumah terasa harmonis.


1. Ruangan Terbatas Minimalis / Sempit. Ruangan dengan luas terbatas ada baiknya menggunakan Meja Makan Bulat. Meja Minimalis Bundar merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin memaksimalkan ruang makan yang ada dengan mengisi Meja Makan, karena jika Anda memilih meja makan model kotak, dengan ruangan yang sempit ,  ujung Meja Makan kotak akan akan mengganggu ruang gerak anggota keluarga Anda. Maka bila Anda membutuhkan Meja Makan yang lebih besar lagi, Anda bisa memilih meja makan bentuk Oval. Meja Makan Oval akan mengoptimalkan kapasitas Meja Makan Anda dengan luas ruang Anda.
2. Ruangan Luas. Dengan ruangan Luas, Anda bebas memilih bermacam model Meja Makan. Jika Anda ingin memaksimalkan orang kapasitas Meja Makan, maka Anda bisa memililh Meja Makan Kotak. Jika Anda ingin meminimalkan ukuran Meja Makan, untuk tetap memaksimalkan ruang luas Anda, Maka Anda bisa menggunakan Meja Makan Bulat.

3. Pilih Meja Makan Berdasarkan Jumlah Anggota Keluarga

Sebelum membeli, tentu Anda memperhitungkan jumlah keluarga Anda, Semisal dalam keluarga Anda ada Ayah, Bunda, Anak 2 orang, Kakek, Nenek, dan 2 keponakan yang tinggal dengan Anda, maka setidaknya Anda memerlukan Meja Ukuran 8 orang atau kursi, maka Anda memikirkan Meja Makan sepanjang 200cm, tetapi sesungguhnya Meja Makan ukuran 180 cm sudahlah cukup karena dengan keluarga, space 60 cm sudah cukup nyaman dan malah menghangatkan suasana keluarga.  Tetapi Anda bisa menggunakan ukuran standar bila Anda ingin meja makan yang memberikan ruang yang leluasa kepada keluarga.

Meja Makan Jati 4 Kursi Kotak Minimalis Batu Malang Surabaya Tangaerang Depok Jakarta Barat Timur Utara Selatan
Meja Makan Jati 4 Kursi Kotak Minimalis. Temukan di Shopee

4. Pilih Meja Makan dari Berbagai Model

Berfungsi sebagai tempat berkumpul saat makan, Meja Makan memiliki berbagai jenis bentuk, warna, struktur. Masing-masing model Meja Makan memiliki kelebihannya masing-masing. Ada kelebihan dari sisi harga, yaitu lebih murah, dari sisi desain, klasik maupun modern. Dari tingkat kerumitan desain: Minimalis vs Kompleks. Dn juga dari sisi struktur, kaki 4 biasa, atau dengan kaki besi yang kecil ramping, tetapi cukup kuat. Atau dengan Kaki besi pipih menonjolkan kesan minimalis tetapi kekokohan tetap terjaga, dan lain sebagainya.

Secara umum semakin baru sebuah model Meja Makan, desain baru tersebut dibarengi dengan harga yang tinggi pula. Ini terjadi karena bagian produksi memerlukan waktu untuk merangkai proses kerja sehingga proses pembuatan berlangsung cepat dan efisien, serta menggunakan bahan sesedikit mungkin.

1. Meja Makan Bulat. Meja makan bulat merupakan mea makan yang disukai karena secara bentuk, tidakmemiliki ujung, berada dalam satu garis, seolah menyatukan hati penggunanya, tidak ada sekat diantara penggunanya. Biasa ditaruh di dalam rumah, maupun luar rumah. Biasa digunakan untuk makan bareng untuk menyatukan keluarga dalam satu keceriaan.

2. Meja Makan Kotak. Meja makan kotak, secara umum memiliki keindahan estetika dibandingkan dengan bulat, namun masing-masing orang memiliki preferensi / kesukaan yang bebbeda-beda. Meja Makan kotak terlihat sederhana, mudah disesuaikan dengan ruangan apapun. Setelah selasai makan, Meja kotak juga nyaman untuk digunakan bekerja, apalagi dalam suasana WFH / Work From Home. Meja Makan Kotak bisa digunakan bersama-sama dengan anggota keluarga lain untuk bekerja dan belajar atau sekedar mengetik. Anda bahkan bisa menambahkan Monitor tambahan pada meja makan jika Anda merasa Layar Laptop Anda kurang besar dibandingkan dengan Monitor yang Anda gunakan di Kantor. Kekurangan dai meja makan kotak adalah ujungnya yang kadang dianggap memakan ruang unruk ruang makan yang terbatas.


3. Meja Makan Oval.
Meja Makan Oval memiliki kelebihan Meja Makan Bulat dan Kotak. Meja Makan ini mengurangi efek ruangan penuh bagi para pemilik rumah yang merasa ruang makannya terbatas. Sisi ujung yang Bulat menyebabkan meja Oval ini tidak menghalang anggota keluarga yang akan menggunakan Meja Makan, dan tidak membuat sempit Ruang Makan. Meja Oval 6 Kursi (6 Orang) dengan ukuran 90×160 merupakan Meja yang sesuaiuntuk banyak keluarga, cukup untuk Ayah, Ibu, 2 orang anak, dan 2 orang tamu. Temukan di Shopee.

4. Meja Makan Lipat. Meja Makan Lipat sesuai untuk ruangan yang sempit, merupakan salah satu produk meja makan jati Jepara yang umum di Export. Biasa digunakan sebagai Meja Makan Outdoor dengan struktur Gambangan Jepara untuk membuat Meja Makan lebih awet dengan perubahan cuaca Outdoor. Secara umum, feature lipat ini biasanya mengurngi keindahan Meja Lipat. Beberapa Meja lipat tertentu strukturnya menjadi kurang kuat karena biasanya interface yang terkait tidak diuji terlebih dahulu sehingga bagian tersebut lebih mudah rusak. Penambahan feature fungsional pada produk, kadang bisa melemahkan fungsi lain pada produk tersebut.

5. Meja Makan Bulat Putar. Meja Makan ini merupakan jenis Meja Makan kuno dengan bagian atasnya yang bisa diputar untuk memilih makanan, interaksi nya bisa membuat suasana makan lebih menyenangkan.

6. Meja Makan Kaki Besi. Desain Kaki besi memberikan kesan Meja Makan lebih innovative. Kaki besi umumnya menggunakan struktur yang lebih ramping, misal struktur profil besi kotak, bulat dengan Lapisan Stainless Steel agar terlihat lebih mewah, tapi di sisi lain memberikan kesan formal dan kaku. Penggunaan Kaki Besi ini biasanya digunakan untuk ruangan yang cenderung Formal atau Publik yang sarat dengan aturan.

7. Meja Makan Struktur Gambangan. Struktur Gambangan merupakan struktur Daun Meja khas Jepara, dengan menyatukan papan dengan lebar tertentu, memberi jarak diantara papan tersebut sebagai space untuk pemuaian, sehingga Meja Makan tahan terhadap perubahan Cuaca. Struktur Meja Makan ini biasa digunakan di restoran, di luar ruangan (Outdoor), atau di peristirahatan area Pantai.

8. Meja Makan Ukir. Meja Makan ukir sering dianggap sudah kuno olah sebagian masyarakat. Namun tetap saja sebagian masyarakat masih suka dengan Meja Makan Ukiran khas Jepara. Meja Makan Minimalis tanpa hiasan sering dianggap membosankan untuk dilihat. Dan memang hal ini juga tergantung dengan seberapa bagus Finishing yang dilakukan produsen Furniture. Sebagaimana Furniture Ukir juga disukai warga eropa, semisal gaya Italia, Perancis, Inggris memiliki desain tersendiri terkait ukir.

9. Meja Makan Lipat. Meja Makan ini biasanya digunakan untuk beberapa tujuan, misalnya untuk ruang yang terbatas, atau sempit, atau tujuan keekonomisan agar biaya pengiriman Meja Makan tersebut lebih murah. Namun di sisi lain, biasanya fungsi tambahan sebagai fungsi lipat memiliki kekurangan sebagai berikut:

Tidak praktis. Fungsi lipat ini biasanya tidak mudah digunakan. Semisal perubahan suhu menyebabkan ada bagian yang susah untuk ditarik atau dilipat. Hal ini disebabkan karena pada saat proses pembuatan furniture,kayu yang digunakan belumlah 100% kering. Ketika furniture/meja makan terjual maka terdapat perubahan bentuk yang meskipun tidak terlihat, menyebabkan pembengkokan alur area bagian lipat, atau bagian yang diperlukan fungsi tersebut.

Struktur tidak kuat. Karena mengutamakan fungsi lain, biasanya fungsi lain yang utama, semisal struktur menjadi tidak sekuat Furniture / meja Makan dengan desain standar.
Desain kurang indah.

5. Memilih Meja Makan berdasarkan Fungsi dan Jenis Meja Makan

Beberapa fungsi meja makan adalah sebagai berikut:

1. Meja Makan Keluarga. Berapa anggota keluarga Anda? Ayah, Ibu, beberapa orang anak, Kakek Nenek, bahkan untuk anak keponakan yang sedang dititipkan oleh saudara. Untuk Lebar Meja Makan, Lebar umumnya adalah 80cm hingga 90cm. Meja Makan untuk 4 orang, maka Anda hanya membutuhkan meja makan semisal 90cm x 90cm

2. Meja Makan untuk belajar dan bekerja a la WFH / Work From Home. Meja Makan ini memiliki manfaat yang banyak, dengan dimanfaatkan berbagai anggota keluarga yang belajar dna bekerja bersama -sama. Bila Meja Makan Anda menggunakan ukiran, ada baiknya Anda menambah dengan Kaca Meja Makan, dan pastikan meminta Bevel agar kaca terasa nyaman sisi pinggirnya, dan Indah dilihat. Kaca bisa dipesan di Tukang Kaca terdekat Anda atau Toko Furniture Online kepercayaan Anda.

3. Meja Makan untuk menerima tamu outdoor/ di luar ruangan/ taman. Meja makan ini umumnya berbentuk bundar, untuk memberikan suasana yang lebih nyaman.

4. Meja Makan khusus Tamu. Meja Makan ini biasa digunakan untuk pesta/menerima tamu dalam jumlah besar. Biasanya untuk panjang bsia lebih dari 200 cm (2meter) dan umumnya merupakan pesanan Custom.

6. Memilih Meja Makan Berdasarkan Harga Ekonomis dan Tahan Lama/Keawetan

Harga pada Meja Makan terkait dengan beberapa hal, diantaranya:

a. Meja Makan yang Tahan Lama.
Membandingkan apakah Furniture Jati atau Furniture Pinus atau Kayu Lain lebih
Murah.

Untuk membandingkan Furniture dengan bahan apa yang lebih murah, alangkah baiknya kita melihat studi kasus.

Misal: Meja Makan dengan bahan Pinus seharga 1500k, bertahan selama 7 tahun sebelum goyang. Meja Makan Kayu Jati bisa bertahann hingga 25 tahun hingga akhirnya sedikit bergoyang atau tidak bergoyang strukturnya sama sekali. Seperti kita ketahui, banyak furniture Jati yang bertahan hingga beberapa generasi bahkan bisa bertahan ratusan tahun hingga saat ini. Semisal rumah dengan struktur jati yang berdiri sejak tahun 1800 masih bisa kita temui.

Maka biaya Meja Makan Pinus seharga 1500K, adalah 1500k/7 tahun atau sekitar 214 ribu per tahun, karena tentunya Anda ingin mengganti dengan membeli Meja Makan Pinus yang baru.Sedangkan meja Makan Jati seharga 2300K, dengan asumsi diganti setelah 25 tahun, maka harga per tahun adalah sebesar 92 ribu per tahun. lalu bagaimana kita melihat Meja Makan Kakek Nenek kita yang masih tegak berdiri?

Maka bila Anda mendapati harga Furniture dengan bahan Pinus dengan harga diatas 1500k, maka beban biaya yang Anda terima lebih besar lagi.

Kesimpulan:
Meja Makan Jati jauh lebih Murah dalam jangka waktu lama daripada Meja Makan Pinus atau semacamnya, tetapi dengan harga awal yang lebih besar.
Biaya penggunaan meja Makan Pinus per tahun= 214 ribu Harga Meja Makan Jati per tahun=92 ribu. Maka Alangkah baiknya jika Anda mencari Meja Makan yang ekonomis dengan membeli Meja Makan Jati, dengan menabung sementara waktu. Karena bahkan setelah sekian lama, Kualitas Meja Makan Jati yang masih bagus dan masih bisa dimanfaatkan atau dijual lagi.

Dengan demikian Meja Jati meskipun sedikit lebih Mahal, masih lebih murah daripada Meja Makan Pinus atau semacamnya masih lebih mahal dalam jangka panjang.

 

b. Desain baru vs Desain Lama. Desain yang baru tentunya berharga mahal, karena desain merupakan satu faktor yang menjadi menjadi nilai tambah utama yang dilihat konsumen. Desain juga  adalah salah satu hal yang paling mudah dilihat daripada kualitas struktur atau kekuatan bahan. Desain ini yang juga membuat bagaimana barang terlihat sebagai barang mewah, klasik, atau minimalis. Makan bila Anda menginginkan Meja Makan yang Ekonomis, maka Anda bisa memilih yang desainnya standar.

c. Finishing Kualitas Tinggi vs Kualitas Standar/Rendah. Finishing merupakan bagian penting, terutama pada furniture kayu. Finishing ini meliputi proses gerinda, penggosokan, pengecatan, yang berlangsung berkali kali hingga pengecatan terakhir. Jenis finishing dengan Pori-Pori terbuka tentunya berbeda dengan Pori-Pori tertutup. Demikian juga Proses inilah yang membedakan penampilan akhir sebuah furniture. Ada konsumen yang menyukai rasa kasar dan ada pula konsumen yang menyukai rasa halus pada permukaan. Secara umum, semakin halus permukaan, maka proses finishing yang dilakukan semakin lama sehingga biaya material dan tenaga kerja semakin mahal pula, sehingga harga produk tersebut semakin mahal. Maka bila Anda ingin Meja Makan yang terlihat Mewah, pada umumnya Meja Makan tersebut akan diberikan Tag harga yang Mahal. Kecuali meja Makan tersebut Multiplex yang dilapis dengan HPL, yang bertahan beberapa lama sampai mengelupas sisi pinggir lapisan tersebut.

7. Memilih Meja Makan Berdasarkan Kemewahan

Tingkat kemewahan ini terkait dengan bagaimana Anda melihat kemewahan. Beberapa jenis kemewahan: Kemewahan ukir & Kemewahan Minimalis.

Mewah Ukir: Apakah Anda suka kemewahan bergaya bangsawan. Maka banyak berbagai jenis furniture Ukir bergaya Jepara, Jawa, Padang, Palembang, atau daerah lain yang merupakan kekayaan budaya Indonesia, atau gaya ukir berbagai negara, seperti Perancis, Inggris, Itali, atau negara lain, yang diproduksi perusahaan Jepara, yang hampir semuanya berbahan Jati untuk mencapai kualtias yang diinginkan. Ukiran mewah ini biasa digunakan untuk ruangan-ruangan rumah mewah, perumahan, hotel-hotel mewah, dan lain-lain.

Mewah Minimalis: Mewah minimalis ini biasa digunakan di rumah-rumah secara umum, hotel-hotel komersial, villa dan properti lain. Mewah minimalis ini bersifat umum bisa digunakan di perkantoran, restoran, atau area publik yang lain. Namun umum juga untuk digunakan di area-area perumahan mewah untuk membawa suasana modern kepada pemiliknya atau pengunjung.

Hingga kini, lebih banyak lagi masyarakat yang menyukai desain minimalis, tetapi masih banyak juga yang menyukai desain ukir, baik ukir minimalis, ukir klasik atau ukir kuno.

Secara umum, kayu Jati merupakan Gold Standard untuk Kayu, baik karena keindahan seratnya, kekuatan kayunya, atau ketahanannya terhadap Kelembaban dan Termite (Rayap). Demikian Kayu Jati banyak dipilih untuk membuat furniture-furniture mewah dan diekspor ke banyak negara, selain juga untuk memenuhi pasar lokal. Untuk itu Kayu Jati merupakan bahan terbaik untuk membuat furniture mewah. Namun demikian banyak cara yang dilakukan oleh produsen untuk membuat furniture non kayu jati terlihat mewah, melalui proses manufaktur, gerinda, penggosokan yang halus, pengecatan yang halus, atau pada intinya proses Finishing yang halus. Ditambah dengan Desain yang bagus, yang umumnya minimalis modern, itu semua meningkatkan penampilan dan nilai tambah sehingga produk terlihat mewah.

8. Memilih Meja Makan berdasarkan kekuatan / Tahan Lama / Jenis Kayu Bahan yang Digunakan

Beberapa bahan yang tersedia ntuk membuat meja makan:

1. Meja Makan Multipleks. Multipleks adalah salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam membuat furniture. Bahan ini merupakan bahan yang paling murah berasal dari serbuk kayu yang dipadatkan, dengan proses yang mirip dengan pembuatan triplex. Bentuknya seperti tripleks yang berlapis-lapis. Unutk memberikan keindahan, maka Multipleks ini dilapis dengan HPL, untuk memberikan corak seolah-olah meja terbuat dari jenis kayu tertentu.

Tentu saja jenis corak Multipleks ini bermacam manc, hingga ratusan, sehingga banyak disukai oleh para calon pembeli. Sebagaian pembeli sudah paham dengan sifat Multipleks ini, namun sebagaian . Namun dengan keunggulan dalam harga yang murah, tentunya ada juga kekurangannya.

Beberapa kelebihan dan kekurangan Multiplex

Kelebihan:
1. Murah
2. Terlihat Indah dengan lapisan HPL.

Kekurangan:
1. Tidak kuat menahan beban berat, tetapi cukup kuat untuk emnahan masakan yang biasa dihidangkan. Tetapi tentu saja ketahanan terhadap air juga tidak sekuat kayu pinus, birch atau oka,a tau kayu solid lainnya.
2. Bisa lebih mahal karena menggunakan lapisan HPL yang berharga mahal untuk memperindah penampilan. Lapisan HPL juga bermanfaat untuk meningkatkan ketahanan terhadap air. Meskipun demikian umumnya bisa mengelupas setelah beberapa tahun akibat gesekan, benturan atau suhu.

Dengan kekurangan multipleks, sebagian orang paham, tapi sebagian orang merasa kecewa karena mereka umumnya berharap furniture meja makan mereka bertahan lebih lama. Sebagian Meja Makan hanya menggunakkan multiplexdi bagian daun mejanya saja / bagian atas, untuk mengurangi biaya namun untuk mengoptimalkan kekuatan struktur, kaki tetap menggunkan kayu solid.

2. Meja Makan Pinus/Jati Belanda

Beberapa orang menganggap bahwa Jati Belanda adalah salah satu jenis Jati, seperti misalkan Jati Jawa atau Jati Sumatera, padahal tidak demikian. Jati Belanda adalah salah satu spesies Pinus yang memiliki kelebihan yaitu dari sisi corak seratnya yang cenderung lebih Indah. Jati Belanda ini banyak digunakan untuk membuat Palet untuk memudahkan pemindahan barang atau mengepak barang, karena kemudahan dipotong dan bahan yang bisa didapat dengan harga yang murah.

Kelebihan dan Kekurangan Meja Makan Jati Belanda

Kelebihan
1. Harga Bahan Murah
2. Ringan, mudah digeser jika ingin merubah tata letak ruang.
3. Corak Indah, selama belum terkena Jamur yang menyebabkan warna hitam.
4. Tidak tahan terhadap serangan rayap.
5. Lebih tahan, lebih kuat daripada Multipleks.

Kekurangan
1. Cukup kuat menahan beban normal selama beberapa tahun, tetapi cukup kuat waktu lebih dari 5 tahun bila digunakan dengan baik.
2. Untuk penggunaan overload, beban yang berat bisa menyebabkan strukur goyang/tidak kuat.

Kelebihan dan Kekurangan Meja Makan Kayu Birch
Kayu ini banyak digunakan untuk furniture ikea. Kekuatan Meja Makan atau Furniture Kayu Birch kurang lebih sama dengan Kekuatan Kayu Pinus. Dari sisi keindahan kurang lebih sama dengan kayu pinus.

Kelebihan:
1. Harga Bahan Murah
2. Ringan, mudah digeser jika ingin merubah tata letak ruang.
3. Corak Cukup Bagus,
4. Tidak tahan terhadap serangan rayap.
5. Lebih tahan, lebih kuat daripada Multipleks.

Kekurangan:
1. Tidak terlalu kuat, tetapi cukup kuat menahan beban normal selama beberapa tahun, tetapi kurang kuat untuk jangka panjang.
2. Tahan selama sekitar 6-7 tahun hingga goyang strukturnya

Meja Makan Bahan Kayu Trembesi.
Kayu Trembesi juga cukup indahcorak serat kayunya. Dan juga termasuk diantara kayu yang cukup kuat. Namun dari sisi keindahan, Kayu Jati masih lebih Indah dan lebih tahan lama dan lebih kuat dibandingkan dengan kayu Trembesi.

Meja Makan Bahan Kayu Mahoni.
Untuk produksi Jepara, harga furniture Kayu Mahoni tidak terlampai lebih murah dibandingkan dengan Furniture Kayu jati. atau Mahogany biasa dibandingkan dengan Kayu jati, dari sisi ketahanannya. Namun sudah pasti kayu Jati memiliki ketahanan dan kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan kayu Mahoni.

Meja Makan Bahan Kayu Jati.
Diantara berbagai Kayu, Kayu Jati merupakan kayu yang secara volume tidak banyak dibeli. Beberapa kelebihan Kayu Jati dapat Anda temukan disini. Umumnya pembeli menyukai Kayujati karena berbagai kelebihannya.

(+)Kelebihan Kayu jati

+Kekuatan bahan
+Harga jauh lebih murah bila diukur dalam jangka panjang karena bisa tahan lebih dari 40 tahun.
+Lebih tahan rayap
+Lebih tahan beban
+Lebih mudah diperbaiki karena sifat kekuatan kayu.
+Corak serat kayu termasuk yang paling indah diantara berbagai kayu lainnya.

(-)Kekurangan Kayu jati

Relatif lebih Mahal dan lebih berat.
Desain Meja Makan baru umumnya tidak secepat Desain Meja Makan lain, salah satunya disebabkan karena harga bahan Jati yang cukup mahal. Produsen Furniture Jati cenderung berhati ati dalam membuat desain baru.

Kelebihan Produk-Produk IKEA

Siapa yang tidak tertarik dengan desain a la Skandinavia nya yang terkesan sederhana, indah dan modern. Dengan biaya property, bahan, desain, engineering, dan proses produksi manufaktur yang tidak murah, maka cara untuk menurunkan biaya adalah dengan menggunakan bahan seperti kayu Birch dan Pinus. Langkah bagus IKEA adalah menurunkan harga dengan memproduksi produk dengan bentuk knockdown yang tentunya menghemat biaya tenaga kerja dari sisi IKEA, menurunkan ongkos kirim dan menghemat uang dari sisi konsumen furniture. Dan untuk menurunkan biaya yang diemban oleh konsumen, maka IKEA memproduksi furniture dengan knockdown. Untuk merakit furniture pembeli, IKEA sudah menyiapkan biaya tersendiri.

IKEA terkenal dengan furniture knockdown nya. Dengan biaya terkait properti yang tidak murah, biaya tersebut tentunya dibebankan ke dalam biaya produk. Sedangkan sebagai perusahaan multinasional, untuk mendapatkan keuntungan yang besar

Meja Makan Ikea Karljan Laneberg
Meja Makan Ikea Karljan Laneberg untuk 4 kursi

Meja Makan Ikea Norringe Norraker

Kelebihan IKEA
+ Desain minimalis modern, indah dan memiliki banyak pilihan
+ Showroom yang luas dan penataan desain yang indah, meningkatkan nilai di mata pengunjung.
+ Kekuatan cukup untuk lebih dari 5 tahun hingga Customer melakukan pembelian lagi.
+ Knockdown, memberikan kepuasan kepada Customer yang ingin merakit sendiri Furniture meraka
+ Terbuat dari bahan yang ekonomis dengan kekuatan standar (Kayu Pinus, Birch, Oak), tetapi cukup kuat dengan beban normal, sehingga dengan desain yang bagus, harga tetap terjangkau oleh konsumen.
+ IKEA menyediakan banyak desain yang indah dan mewah, cocok untuk customer dengan kantung tebal, tetapi relatif murah karena diproduksi dengan bahan yang cukup ekonomis dengan kekuatan yang cukup (Pinus, Birch, Oak)

Kelebihan Produk-Produk Fabelio

Fabelio merupakan salah satu Bisnis Startup yang mendevelop marketplace untuk furniture, dengan desain minimalis, modern yang menawan. Fabelio Memiliki cukup banyak cabang agar mudah dijangkau oleh customer. Konsumen memiliki banyak pilihan untuk model dan ukuran untuk meja makan.

Fabelio Meja Makan Yoori
Fabelio Meja Makan Yoori
Fabelio Meja Makan Gery 4 Kursi
Fabelio Meja Makan Gery 4 Kursi

+Kelebihan
+ Desain minimalis modern, indah dan memiliki banyak pilihan,
+ Menyediakan desain yang baru dan cukup unik.
+ Showroom yang luas dan penataan desain yang indah, meningkatkan nilai di mata pengunjung.+Tersedia banyak model
+ Terbuat dari bahan yang ekonomis, tetapi cukup kuat dengan beban normal, sehingga dengan desain yang bagus, harga tetap terjangkau oleh konsumen.

Kapan Kita Ingin membeli dari IKEA

Bila Anda menginginkan desain minimalis a la skandinavia dengan berbagai variasi, dan Anda tidak terlalu mempertimbangkan daya tahan , maka IKEA adalah toko tujuan Anda. Meskipun demikian, di IKEA juga erdapat sejumlah furniture yang tahan cukup lama. Dengan berbelanja ke IKEA, Anda

Kapan membeli dari Fabelio

Bila Anda menyukai desain minimalis dengan berbagai gaya, Fabelio memberikan banyak pilihan untuk Furniture Meja Makan Anda. Tentunya dengan bahan yang umumny dari kayu pinus, multiplex dan kayubirdch, Anda tidak berharap furniture Anda akan bertahan dalam jangka waktu yang lama sekali. Karena toko semacam ini juga memperhitungkan Anda akan membeli dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama untuk jenis/model yang baru.

Kapan membeil dari Informa

Informa menyediakan berbagai jenis produk Meja Makan dari sejumlah kayu bebebahan standard, dengan berbegai model minimalis. Jika Anda ingin membeli furniture dengan harga yang cukup murah, maka Anda bisa membeli di Informa.

Kapan membeli di FURNIOO Furniture

Ketika Anda ingin membeli produk-produk Meja Makan yang Sangat Tahan Lama, Build-for-Last, anda bisa memilih produk-produk FURNIOO di sini. Banyak diantara pembeli FURNIOO adalah para pembeli yang tidak puas dengan pembelian di produsen lain karena mereka berharap  Meja Makan mereka akan bertahan lama dari yang mereka harapkan. Inilah mengapa umumnya para pembeli Furniture Jati adalah para Customer yang paham kualitas Jati, dan penyuka Furniture dengan Finishing yang terlihat Mewah dan Natural.

Para Customer juga memahami bahwa Furniture Meja Makan yang mereka beli berasal dari Kayu Jati Pilihan, Kayu jati Tua, dengan serat yang mulus dan Finishing yang Indah Mewah berkualitas Export. Bukan lagi Kayu Jati Putihan yang banyak dijual, yang memang Kayu Jati ini lebih kuat dari Kayu Pinus atau Birch pada umumnya, tetapi kualitas FURNIOO lebih bagus baik dari Kualitas Bahan jati pada umumnya, dan juga Kualitas Finishingnya. Namun demikian FURNIOO tetap menjual Furniture Meja Makan Jati kualitas tinggi mereka dengan harga yang cukup standar dan tidak mahal, karea kemampuan FURNIOO menurunkan biaya operasional dan harga, dengan mengefisienkan sistem mereka. Produk-produk FURNIOO furniture juga tersedia di Shopee bagi konsumen yang terbiasa membeli di Marketplace, meskipun kadang informasi diskon terbaru bisa didapat langsung langsung menghubungi FURNIOO.COM.

Kelebihan kayu jati dikenali di banyak negara, anda bisa membaca disini.

Baca: Cara Memilih Furniture Jati Kualitas Tinggi.

Perbandingan Kekuatan Berbagai Jenis Kayu

Untuk memahami kelebihan Furniture Meja Makan berdasarkan jenisnya, Anda bisa membaca artikel-artikel yang terkait dengan dimensi-dimensi kekuatan sebuah kayu atau serat kayu.

Source: workshopcompanion.com

Selain toko-toko diatas, Anda juga bisa memilih berbagai toko dengan berbagai jenis bahan, sepanjang Anda memiliki pengalaman dan pengetahuan bahwa kualitas produk furniture, meja makan tersebut bertahan lama.

Kelebihan

+ Memiliki banyak desain baru yang bagus

+ Showroom cukup banyak dan penataan desain yang indah

Kapan kita memilih FURNIOO

FURNIOO.Com merupakan salah satu penjual furniture yang untuk saat ini fokus ke furniture Jati. Kelebihan Furnioo.com adalah maksimalkan kualitas struktur dan memaksimalkan finishing. Dengan bahan Jati kualitas tinggi, Furnioo berusaha agar konsumen mendapatkan kelebihan jati, berupa sifat kayunya yang kuat dan tahan lama. Dan dengan tenaga ahlinya, FURNIOO pada awalnya menjual hanya Furniture Jati kualitas Tinggi, dengan Finishing kualitas Export (Platinum), tetapi akhirnya juga memproduksi Furniture Jati Kualitas Menengah (Gold) dan Ekonomis(Silver). Meskipun dengan kualitas ekonomix, FURNIOO.COM tetap fokus pada Durabilitas / ketahanan lama sebuah produk.

Kelebihan FURNIOO.COM

+ Hanya menyediakan Meja Makan / furniture dengan bahan Jati

Kekurangan FURNIOO.COM
– Hanya menyediakan Meja Makan dengan struktur yang kuat, karena sudah merupakan kebijakan perusahaan untuk membut furniture, termasuk meja makan yang kuat dan tahan lama bagi Customer. Demikian Meja Makan desain baru dengan struktur yang lemah tidak diproduksi.
– Harga sedikit lebih mahal, tetapi tertutupi dengan kualitas yang jauh lebih baik. Atau bahkan harga sama dengan furniture dengan bahan lain yang menggunakan desain terbaru.

Berbagai jenis model meja Makan

1. Model Kotak

2. Model Minimalis Modern

3. Mode Meja Makan Bundar

4. Model Meja Makan Putar. Biasanya memiliki 2 level daun meja, dengan bagian daun meja yg berputar ada di atas. Merupakan model lama, tetapi masih banyak masyarakat yang menyukainya.

5. Model Kotak Tepian bulat. Umumnya merupakan Meja Makan kotak dengan tepian berbentuk Bulat, yang istilah rpodusi diberikan R, atau Radius.

6. Model Kayu Struktur Gambangan. Model Struktur ini banyak dijumpai pada produk export pengrajin Jepara. Tujuan dari struktur ini adalah agar Meja Makan tidak berubah bentuk meskipun ditempatkan di area yang memiliki perubahan suhu yang cukup ekstrim. Struktur meja ini ibiasanya merupakan kumpulan dari balok kecil panjang kayu-kayu jati yang disusun sedemikian rupa, dengan kuncian yang kuat dan allowance sedikit diantara potongan panjang balok kayu sebagai kelonggaranuntuk kayuu ketika memuai terkena panas. Prinsip yang sama seperti pada pembuatan struktur jembatan atau jalan flyover.Hal tersebut diterapkan agar Meja Makan bertahan terhadap cuaca panas yang ekstrim. Meja makan ini umumnya ditaruh di outdoor, atau pantai.

7. Meja Makan Kayu Solid biasa. Meja makan kayu bisa yang daunnya terdiri dari Lonjor kayu. Sebagian besar meja berbentuk seperti ini, dengan bentuk kotak.

8. Model Kayu Solid Kotak. Meja Makan Kayu Solid ini umumnya bebentuk kotak. Dengan bahan umumnya dari potongan kayu panjang.
. Model Kaki Besi. Ada profil besi dengan bentuk kotak dan profil O.

9. Model Kaki Stainless Steel. Meja Makan dengan beberapa macam kaki profil

10. Model Kaki Besi Pipih. Merupakan Meja Makan dengan Kaki Besi dengan berbagai ukuran, ada yang 8cm, 10 cm, 15 cm, dengan ketebalan lempengbesi yang berbeda-beda mulai dari 2mm, 3mm.

11. Model Kaki Besi profil persegi (Bujur Sangkar dan Persegi Panjang)

12. Model Meja Makan Kaki besi Bulat

13. Meja Makan Cat Duco. Cat Duco merupakan Cat yang biasa diaplikasikan pada mobil. Meja Makan Cat Duco biasanya mahal bila diterapkan pada Jati, karena harus dicat berkali kali pada lapisan jati agar Cat Duco tidak tertembus oleh getah Jati yang kuat menembus Cat.


Notice: Trying to access array offset on value of type bool in /home/u3612461/public_html/wp-content/themes/electro/inc/structure/layout.php on line 113

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *